7 Hal Yang Dapat Menurunkan I.Q

Hal Yang Dapat Menurunkan I.Q

7 Kebiasaan Sepele Ini secara  Gak Sadar Ternyata Bisa Menurunkan I.Q.-mu

Ada berbagai tips n trik yang dipercaya dapat meningkatkan I.Q. Namun tidak banyak orang  tahu, bahwa sejatinya ada juga berbagai hal yang berpotensi menurunkan I.Q. Lebih uniknya lagi, kegiatan itu justru kerap kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.
Berbagai penelitian ilmuwan juga telah membuktikan dampak negatif dari kegiatan ini terhadap I.Q. seseorang. So , berhati-hati lah kalau kamu gak mau I.Q. mu turun, coba hindari ke-7 kegiatan ini sebisa mungkin.

1. Mengunyah permen karet.

Hal Yang Dapat Menurunkan I.Q

Sebuah studi yang telah dilakukan oleh Cardiff University juga menemukan bahwa fungsi memori otak jangka pendek dapat terganggu akibat mengunyah permen karet. Secara tidak langsung aktivitas mengunyah permen karet ini dapat berdampak pada I.Q. seseorang,karena proses identifikasi serta pengurutan objek. Saat kamu mengunyah permen karet, kedua proses tersebutlah yang difungsikan oleh memori otak jangka pendek menjadi terganggu, hasilnya adalah bisa mempengaruhi kecerdasanmu.



2. Mengonsumsi gula.

Hal Yang Dapat Menurunkan I.Q

Kamu yang senang makanan dan minuman manis segera waspada ya. Selain diabet mengkonsumsi gula berlebihan ternyata bisa juga memperlambat kinerja otak lo. Hal ini diperkuat oleh bukti penelitian dari University of California di Los Angeles. Jumlah kandungan gula atau fruktosa yang sering ditemukan di minuman soda akan menganggu fungsi insulin yang berperan dalam mengubah gula sebagai energi untuk otak. Lama kelamaan kinerja insulin ini akan lemah dan juga mempengaruhi proses pembelajaran dan juga ingatan kita.

3. Menonton reality show.

Hal Yang Dapat Menurunkan I.Q

Satu lagi hiburan yang ditawarkan oleh reality show ternyata gak sebanding dengan dampak yang dihasilkannya guys. Dikutip dari The Telegraph, salah satu jenis acara yang cukup populer ini tanpa kita sadari dapat berpengaruh pada perilaku yang menonton. Secara tidak langsung hal ini berdampak pada fungsi kognitif pada otak yang pada akhirnya mempengaruhi cara berpikir seseorang.

4. Terlalu banyak begadang.

Hal Yang Dapat Menurunkan I.Q

Selain tidak baik untuk kesehatan kita, ternyata begadang juga gak baik untuk fungsi otakmu. Seperti yang telah dilansir dari TIME, berkurangnya waktu tidur disinyalir akan dapat menganggu fungsi kognitif pada seseorang. Kali ini gak tanggung-tanggung, kalau kekurangan waktu tidur sebanyak satu jam saja dalam sehari itu sudah merusak dua tahun proses perkembangan kognitif lho guys.....

5. Multitasking.

Hal Yang Dapat Menurunkan I.Q

Dibuktikan oleh penelitian Stanford University, bahwa kalau kita mengerjakan berbagai perkerjaan secara bersamaan ternyata dapat juga berpotensi menurunkan I.Q.-mu. Disinyalir, bahwa ternyata otak kita tidak memiliki kemampuan cukup untuk memproses berbagai informasi di waktu bersamaan. Orang yang gemar melakukan multitasking diketahui tidak dapat memiliki kendali yang baik terhadap memori dan juga konsentrasi. Pada akhirnya yang dirugikan adalah otak dan fungsi kognitifnya.hmmm lanjut ya....

6. Presentasi menggunakan Power Point.

Hal Yang Dapat Menurunkan I.Q

Salah satu program komputer yang berperan banyak dalam sebuah presesentasi ternyata tidak berperan secara baik terhadap I.Q. kita..... Dikutip dari Business Insider, ternyata tampilan presentasi dari Power Point yang sangat ringkas dan simpel ini ternyata bisa membuat mereka yang menyaksikannya lebih mudah dapat mempercayai segala informasi yang diberikan tanpa harus mencernanya terlebih dulu melalui proses nalar secara benar dan tepat.



7. Rapat.

Hal Yang Dapat Menurunkan I.Q

Rapat sudah tentu menjadi kegiatan rutin kita dalam berbagai pekerjaan dan organisasi. Tapi ternyata, sesungguhnya rapat juga bisa mempengaruhi kinerja otak seseorang. Dari penelitian di Virginia Tech Carilion Research Institute telah berhasil membuktikan bahwa melakukan rapat dapat berdampak buruk bagi intelegensi seseorang tersebut. Rapat juga diketahui dapat menurunkan fungsi otak pada bagian prefrontal cortex yang perannya penting dalam penyelesaian sebuah masalah dan ikut mempengaruhi I.Q. seseorang tersebut.

Hhhhm....emang tidak disangka-sangka, kegiatan yang terlihat biasa ini bisa mempunyai dampak terhadap kecerdasan kita ya.... Tidak mungkin dihindari memang, So  ada baiknya jika kamu menyeimbangkannya dengan cara meningkatkan berbagai hal yang bisa menunjang perkembangan kecerdasanmu I.Q.-mu, seperti lebih banyak membaca dan mulai belajar memainkan alat musik. Dengan cara itu, kamu bisa terhindar dari berbagai risiko yang ada.

Comments

Popular posts from this blog

Alasan Kenapa Cincin Kawin Disematkan dijari Manis

Lakukan 8 Trik Selfie Ini JIka Ingin banyak Like dan Komen Di akun Sosmedmu

"Kapan Loe Nakah?" Jawab Dengan 11 Jawaban Ampuh Ini