Terbukti:7 Cara ini Bisa Membuat Kamu Terbebas Dari Hutang

Ingin Bebas dari Hutang?Lakukan dengan 7 Cara ini

Bebas dari Hutang


Baru-baru ini, "hampir" semua orang gak mungkin untuk hidup terbebas dari hutang. Sebagian besar orang gak memiliki uang tunai untuk membayar rumah, aset atau investasi bahkan merencanakan hal-hal yang lebih besar ke depannya adahal yang sangat sulit. Untuk berbagai alasan ini, mengambil sejumlah hutang tidak selalu berarti buruk. Misalnya adalah pinjaman mahasiswa adalah hal cerdas yang dapat membantu mendapatkan gelar perguruan tinggi yang akan lebih melancarkan karir orang tersebut.
Tetapi ketika telah tiba waktunya tagihan kartu kredit yang akan melambung tinggi, kredit mobil dan hal lain adalah bentuk lain dari hutang, disinilah kita akan mulai kelabakan menghadapinya. Berikut ini adalah 7 saran penting untuk membantu kamu memikirkan apa yang terbaik untuk kamu dan hutangmu.

1.Jujurlah dan mulai akui betapa borosnya kamu, kemudian mulailah rencanakan hutang dengan baik.

Bebas dari Hutang

Hutang yang menumpuk karena berbagai alasan kita sendiri. Jika itu memang karena kebiasaan belanjamu yang susah untuk di kontrol, kamu perlu dan harus mengakuinya. Kumpulkanlah semua kartu kreditmu, mobilmu dan bernagai bentuk pinjaman lainnya. Setelah itu, mulailah membuat catatan saldo, suku bunga, tanggal jatuh tempo, dan pembayaran minimum serta seberapa lama semua itu akan lunas. Sempatkanlah sedikit waktumu beberapa menit saja untuk ini, karena hal ini sangatlah penting.

2.Lakukan perubahan dengan kegiatan positif yang lebih menguntungkan

Bebas dari Hutang

Daripada berdiam diri meratapi dirimu yang memiliki terlalu banyak hutang, akan jauh lebih berarti jika memulai menyelesaikan satu per satu dari nominal terkecil,tetapi yang dirasa lebih membebani anda. Tambahkan kegiatan positif yang menghasilkan profit bila menungkinkanatau setidaknya berdampak positif, fokus anda adalah harus pada pengurangan hutang anda. Untuk misi ini, anda juga bisa mempermudahnya dengan menambahkan prinsip gak akan ambil hutang baru, sebelum hutang anda yang telah ada tersebut lunas.

3.Prioritaskan dan Selalu Prioritaskan Itu Yang Terpenting

Bebas dari Hutang

Jika anda tidak dapat membayar semua hutang atau tagihan setiap bulan, prioritaskanlah apa yang dapat anda bayar terlebih dulu (kebutuhan mendesak). Memberikan prioritas yang utama untuk hutang dan menyelesaikannya secara satu per satu akan menjamin dapat melegakanmu secara perlahan. Utamakan rumah atau mobil, kebutuhan lain seperti utility, dan hutang anda yang gak bisa anda tunda .termasuk juga pinjaman mahasiswa serta pajak yang belum dibayar. Kemudian barulah memulai mengatasi hutang tanpa jaminan, seperti tagihan kartu kredit.


Baca Juga:Cara Menabung dengan Hasil Yang Pas-pasan

4.Atur Pembayaranmu pada Mode Otomatis

Bebas dari Hutang

Aturlah setting kartu kreditmu ataupun pembayaran pinjamanmu ke dalam autodebet. Sehingga pada waktu ketika tibanya masa jatuh tempo bayar hutang, kamu bisa terhindar dari biaya keterlambatan bayar. Hal ini juga dapat menjadi motifasi anda agar tidak menggunakan uang pelunasan hutang tersebut untuk keinginan lainnya.

5.Lebih Memilih Menambah potensi Penghasilan dari pada Memotong Kebutuhan

Bebas dari Hutang

Banyak orang di dunia ini beranggapan mereka gak punya ung yang cukup untuk mengurangi hutang mereka dalam waktu singkat. Gunakanlah aplikasi gadget penghitung pengeluaran atau hanya sekedar kalkulator belanja untuk menemukan "parasit" utama dalam pengeluaranmu agar hutangmu bisa berkurang dengan lebih cepat. Apabila anda menemukan hal apa yang membuat hutangmu bertambah, Anda harus bisa berlatih menguranginya, misalnya ngopi di cafe eksklusif. Jika anda sangat kesulitan mengubah gaya hidup anda, tambahkanlah potensi penghasilanmu dengan melakukan kerja atau bisnis sampingan untuk menjaga agar tidak lebih besar pasak dari pada tiang.

6.Bayar Segera Dan Lunasi Semuanya Secara Tunai

Bebas dari Hutang

Hal ini mungkin terlihaat sedikit ketinggalan zaman atau kuno, tetapi hindarilah membayar dengan kartu kredit dan memulai menggunakan uang tunai, atau bisa juga anda cek dan kartu debit sebagai gantinya. Hal ini memang membutuhkan waktu lebih serta perencanaan ekstra untuk memastikan kamu memiliki cukup uang tunai, Tetapi hal ini akan membantumu dalam mengontrol pengeluaran serta mengindari kebiasaan belanja impulsif yang kurang sehat.

7.Jangan Lupa Bahwa Anda Tetap Butuh Dana Pensiun (Hari Tua)

Bebas dari Hutang mas tua sejahtera

Mulailah bertanya pada dirimu sendiri, Apakah anda memang membutuhkan aksesoris smartphone tersebut? Apakah kamu memang merasa perlu memiliki smartphone terbaru tersebut hanya untuk tampil modis? Ingatlah bahwa anda perlu juga menyiapkan dana untuk bisa membuatmu bertahan hidup di usia pensiun(hari tua). Ini bukan bermaksud untuk  menakutimu, belum tentu juga perusahaanmu memberikan uang yang cukup saat kamu pensiun kelak akibat manajemennya yang dinamis, dan terus berganti dengan aturan-aturan yang selalu berubah-ubah. Lagipula walaupun ada uang pensiunnya,uang itu gak akan sebesar gajimu saat ini, so kalau anda ingin taraf hidupmu pada level yang tidak menurun, anda harus mulai menabung dari sekaarang.

Jika kamu sudah menyadari bahwa kamu berhutang lebih dari yang bisa kamu kelola saat ini, janganlah anda malu untuk mencari bantuan pada sekitar, terlebih lagi bantuan secara moral. Ahli psikologi atau mungking orang terdekat yang dapat dipercaya juga akan pelan-pelan membantumu "sadar" dari belanja impulsifmu yang arogan, sementara itu penasihat keuangan dapat juga membantumu melalui proses pelunasan hutang. Mulailah hidup dengan seminim mungkin pinjaman atau hutang, hiduplah dengan bebas stres dan stroke..

Comments

Popular posts from this blog

Alasan Kenapa Cincin Kawin Disematkan dijari Manis

Lakukan 8 Trik Selfie Ini JIka Ingin banyak Like dan Komen Di akun Sosmedmu

"Kapan Loe Nakah?" Jawab Dengan 11 Jawaban Ampuh Ini